Home » » Penyakit Polip Hidung

Penyakit Polip Hidung

Written By Unknown on Kamis, 09 April 2015 | 11.09

Penjelasan Polip Hidung

Polip hidung adalah pertumbuhan jaringan pada saluran pernapasan hidung atau pada sinus. Polip adalah jaringan yang lembut, tidak terasa sakit dan tidak bersifat kanker. Polip memiliki bentuk seperti anggur yang tergantung pada batangnya. Sinus adalah lubang-lubang kecil berisi udara yang ada di sekitar tulang wajah.

Polip hidung memiliki bentuk dan warna yang beragam. Polip dengan ukuran besar bisa menyumbat saluran hidung. Ini bisa menyebabkan munculnya gejala polip seperti hidung tersumbat, hidung berair, kesulitan bernapas, gangguan pada indera penciuman dan indera perasa. Sedangkan polip berukuran kecil mungkin tidak menimbulkan gejala apa pun. Polip tidak meningkatkan risiko penderitanya untuk menderita kanker hidung.

Penyebab

Hingga kini, penyebab dasar tumbuhnya polip belum diketahui. Pertumbuhan polip diduga adalah hasil dari inflamasi akibat alergi, infeksi, asma atau kelainan sistem kekebalan tertentu. Polip hidung bisa memengaruhi siapa saja, tapi lebih cenderung terjadi pada orang dewasa. Beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko menderita polip hidung adalah intoleransi terhadap aspirin, sindrom Churg Strauss, alergi rhinitis, sinusitis, dan fibrosis kistik.

Faktor genetika juga diperkirakan berperan dalam pertumbuhan polip. Seorang anak akan lebih beresiko mengalami polip hidung jika orang tuanya memiliki polip.

Gejala

Polip biasanya tumbuh di daerah dimana selaput lendir membengkak akibat penimbunan cairan, seperti daerah di sekitar lubang sinus pada rongga hidung. Ketika baru terbentuk, sebuah polip tampak seperti air mata dan jika telah matang, bentuknya menyerupai buah anggur yang berwarna keabu-abuan.

Polip menyebabkan penyumbatan hidung, karena itu penderita seringkali mengeluhkan adanya penurunan fungsi indera penciuman. Karena indera perasa berhubungan dengan indera penciuman, maka penderita juga bisa mengalami penurunan fungsi indera perasa dan penciuman.

Polip hidung juga bisa menyebabkan penyumbatan pada drainase lendir dari sinus ke hidung. Penyumbatan ini menyebabkan tertimbunnya lendir di dalam sinus. Lendir yang terlalu lama berada di dalam sinus bisa mengalami infeksi dan akhirnya terjadi sinusitis. Penderita anak-anak sering bersuara sengau dan bernafas melalui mulutnya.

Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Alamat Kantor

Apotek Herbal Juhli Eri

Alamat : Wijaya Permai 2 Blok E No. 3 Kahuripan Tawang Tasikmalaya Jawa Barat - Indonesia

Tlp : 0265 - 7294318

Konsultasi Informasi

Untuk informasi dan Pemesanan

Silahkan Hubungi:

WA / WC / LINE /

XL : 081912792273

SIMPATI: 081312931732

AS: 082398115299

PIN BB : 2278E321

PIN BB : 5AA7B525


CS 1 :

CS 2 :


Format Pemesanan Ace Maxs:

Ketik SMS : (Kode Obat) (Nama) (Alamat) (Jumlah Pesanan) Kirim ke 081912792273

Kode Obat:

Ace Maxs = OHAS
QnC Jelly Gamat = NCGS
Green World Nutrimax = GNS
Koloklin Capsule = KCS
Cordyceps Plus Capsule = CPS
Lecithin Softgel = LSS

Obat Kami Kirim Dulu Setelah Sampai Baru Dibayar
Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

 
Support : About | Contact | Disclaimer | Privacy
Copyright © 2013. Semua Artikel Penyakit - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger